Beranda » Blog » Pengertian Haji dan Umroh, Beserta Tips Praktis Menjalankan Haji dan Umroh

Pengertian Haji dan Umroh, Beserta Tips Praktis Menjalankan Haji dan Umroh

T Diposting oleh pada 15 April 2019
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 59 kali

Tips Tips Agar Semua Kegiatan Haji dan Umroh Berjalan Lancar

 

 

 Haji secara Etimologi haji adalah menyengaja. Sedangkang secara Terminology Haji adalah suatu amal ibadah yang dilakukan dengan sengaja mengunjungi baitulloh di mekah dengan maksud beribadah dengan iklas mengharap keridhoaan Allah Swt dengan syarat dan rukun tertentu. Haji merupakan salah satu rukun islam. Berikut syarat wajib dan syarat sah Haji.

Yang di maksud dengan syarat wajib dan syarat sah haji adalah hal hal yg apabila telah terpenuhi menyebabkan orang yg berasangkutan wajib menunaikan haji. Syarat sah haji adalah hal hal yg harus dipenuhi oleh orang yg menunaikan ibadah haji, apabila tidak tidak terpenuhi salah satu syarat sah haji, maka menjadikan hajinya tidak sah.

 

APA KALIAN SUDAH TAU PERBEDAAN HAJI DAN UMROH? 

Kalo belum tau yuk simak dulu penjelasannya!

Untuk masyarakat Indonesia yang mayoritas memeluk agama Islam, istilah Haji dan Umroh sebenarnya sudah tidak asing lagi dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan Haji dan Umroh merupakan impian semua umat Islam karena untuk melaksanakannya membutuhkan persiapan yang lebih, khususnya persiapan dari segi biaya dan fisik untuk bisa pergi ke Makkah Al-Mukaramah.

Haji dan umroh merupakan ibadah yang bersifat maliah mahdhoh atau yang erat membutuhkan harta benda. Terlebih lagi dengan sistem antrian haji yang sedemikian lamanya membuat calon jamaah harus menunggu antrian selama bertahun-tahun lamanya. Berbeda dengan umroh yang bisa dilakukan setiap saat di luar musim haji, ibdah haji sudah ditentukan waktunya setahun sekali pada bulan Dzulhijah sedangkan jumlah jamaah setiap tahunnya semakin bertambah yang membuat antrian semakin panjang.

Umroh sering juga disebut haji kecil. Namun sayangnya, banyak yang tidak begitu paham perbedaan keduanya, bahkan bagi orang yang sudah pernah umroh sekalipun seringkali sulit mengungkapkan perbedaan haji dan umroh tersebut dimana. Perlu kiranya ulama di Indonesia merangkum dan menyajikan Istilah tersebut ke dalam pengertian yang lebih komprehensif dan mudah dipahami oleh masyarakat awam (terlebih lagi dengan kehadiran teknologi internet seharusnya itu menjadi ruang yang sangat bagus sebagai sarana belajar agama)

nah itu dia guys perbedaan haji dan umroh , dan sekarang kami akan memeberikan tips praktis untuk menjalankan haji dan umroh!

 

1. Timbang Barang Bawaan Anda

Membeli barang terlalu banyak akan membuat koper Anda jadi berat. Jika sampai melebihi batas, Anda akan diminta mengeluarkannya. Atau paling parah, Anda harus menambah biaya kelebihan beban muatan. Agar hal semacam ini tak terjadi dalam perjalanan ibadah Anda, lebih baik Anda menimbang barang bawaan Anda terlebih dulu agar bisa menaksir seberapa berat barang yang Anda bawa.

 

2. Membawa Pakaian Ihram Tambahan

Tanah Suci adalah tempat yang panas. Selain itu, Anda akan banyak sekali melakukan perjalanan dengan kaki. Tubuh berkeringat dan pakaian ihram kotor adalah hal yang kadang tidak menyenangkan. Jadi daripada membawa hal tak berguna, lebih baik membawa pakaian ihram tambahan.

 

3. Membawa Perlengkapan yang Memudahkan Ibadah

Anda bisa membawa semacam makanan penambah tenaga, biasanya berupa power bars agar tidak bingung dengan makanan ketika Anda lapar. Anda bisa juga membawa botol air minum agar tidak bingung saat kehausan.

 

4. Membawa Air Zam-Zam

Anda tidak perlu bingung dalam membawa air zam-zam lagi. Beberapa maskapai penerbangan dan biro perjalanan haji dan umroh banyak yang sudah menyediakannya. Dengan begini, Anda tidak perlu lagi memenuhi koper dengan air dan menjadikannya semakin berat.

nah itu dia guys tips nya , selamat mencoba:)

Belum ada Komentar untuk Pengertian Haji dan Umroh, Beserta Tips Praktis Menjalankan Haji dan Umroh

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Pengertian Haji dan Umroh, Beserta Tips Praktis Menjalankan Haji dan Umroh

Lebih Mengenal Haji dan Umrah

T 15 April 2019 F A Resha Resha

  Pengenalan Haji dan Umrah   Secara bahasa, haji berarti kunjungan, perjalanan, atau ziarah. Secara istilah, haji berarti berkunjung atau berziarah ke Baitullah (Ka’bah) di tanah suci Mekah untuk melakukan beberapa amalan atau ibadah, seperti thawaf, sa’i, dan lainnya dalam waktu tertentu demi memenuhi... Selengkapnya

Bisnis Online

Bisnis Online Yang Bisa Dikerjakan Dirumah

T 29 April 2019 F A ihsan ihsan

Bisnis Online Yang Bisa Menjanjikan di Tahun 2019 Tahun 2019 ini bekerja dari rumah sudah menjadi style kerja banyak orang. Sebagian orang lebih suka bisnis online dari pada harus bekerja di kantor. Banyak sekali faktor penyebabnya, mulai dari jam kerja... Selengkapnya

Promo Lebaran 2019

Promo Lebaran 2019

T 28 May 2019 F A @dmin

Dapatkan Promo Discount 80 % (*produk tertentu) Khusus untuk 3 pendaftar pertama *S&K berlaku Pilih salah satu Promo berikut 1.Daftar Agen /Distributor/Cabang 2.Upgrade dari Agen ke Distributor/Cabang 3.Beli website Auto pilot atau Playstore atas nama travel sendiri 4.Beli Playstore atas... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.

× Hubungi Kami