Beranda » Blog » Belajar Bisnis Sederhana Murah dan Mudah

Belajar Bisnis Sederhana Murah dan Mudah

T Diposting oleh pada 3 July 2019
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 22 kali

Belajar Bisnis Dengan Cara Sederhana

Dalam artikel kali ini, saya ingin berbagi dari pengalaman saya sendiri bagaimana memulai dan belajar bisnis dengan cara sederhana dan ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan disini yaitu:

Walaupun sederhana, bukan berarti belajar bisnis ini bisa dijalankan dengan mudah.

Saya tidak akan membahas soal modal/uang, menurut saya bisnis sesederhana apapun pasti membutuhkan modal.

Tidak ada jaminan jika Anda menjalankannya pasti sukses dan kaya, saya lebih menekankan pada “Action” dan “Execution”.

memulai dan belajar bisnisDari 3 poin diatas yang perlu Anda fokuskan adalah “jangan sampai gagal” dan “bisa berjalan dengan modal seminim mungkin”.

Pertama-tama kita semua tahu banyak sekali ilmu-ilmu tentang bisnis/usaha yang ada di berbagai buku, seminar, workshop, kuliah, ataupun mentor yang dapat mengajari Anda tentang berbisnis. Disini saya tidak akan menjual omongan bahwa “Anda pasti kaya” atau “Bisnis modal nol” dan sebagainya, tapi saya akan mengajak Anda untuk “Memulai” bisnis Anda sendiri karena hanya dengan melakukannya Anda bisa benar-benar belajar berbisnis.

Belajar Bisnis

Tidak punya modal? Ya bisa, modal bisa dicari dari mana saja seperti freelance atau kerja part time.

Tidak punya ilmu? Ya bisa, ilmu ini sangat sederhana dan bisa dijalankan semua orang tapi penting sekali untuk segala jenis bisnis apapun.

Tidak punya koneksi? Ya bisa, setelah menjalankan ini Anda akan mulai mencari, membangun dan mendapatkan koneksi.

Tidak punya pengalaman? Ok, segera buat pengalaman itu dengan menjalankannya.

Jadi apa sih yang akan kita pelajari?

Kenapa banyak pemula belajar bisnis  gagal dalam usahanya, karena (mungkin) mereka terlalu berpikir kompleks dalam berbisnis tapi lupa inti dari berbisnis adalah memberikan “Value” untuk orang lain dan ilmu terpenting dalam berbisnis sekaligus dasar dari setiap bisnis adalah “Menjual”.

Anda tidak perlu ide yang rumit atau model bisnis yang super canggih untuk berdagang, yang perlu Anda lakukan adalah:

Mencari produk untuk dijual –> Mencari pembeli yang mau membeli produk tersebut –> Jual

Terlihat simpel namun tidak mudah “to make it really works”, Anda harus bermain pintar dan mengerti step-by-step untuk menjalankannya. Ingat 2 hal yang paling saya tekankan disini adalah “jangan sampai gagal” dan “bisa berjalan dengan modal seminim mungkin”.

 

Mari kita mulai pertama-tama yaitu:

1. Mulailah dengan menjadi reseller (menjualkan produk orang lain)

reseller dropshipMulailah dari suatu produk yang “Laku” dipasaran, lupakan soal passion/keinginan Anda, ingat Anda menjual produk untuk orang lain beli bukan untuk Anda. Banyak usaha dagang yang gagal karena merasa passion/suka dengan barang yang mereka jual lalu mereka berpikir orang lain akan menyukainya, atau karena ada beberapa (1 atau 2 orang) yang beli lalu mereka merasa semua orang juga menyukai produk tersebut. Tidak, pasar itu berbeda dengan teori (itulah sebabnya ada market research), Anda harus melakukan market research Anda sendiri melihat tren/pasar yang ada atau mulai menjual produk Anda sendiri.

Pelajaran berikutnya adalah jangan menjual produk kebutuhan (needs) karena pasti pemainnya sudah banyak dan besar-besar (pemain kelas atas). Selain itu berbisnis produk kebutuhan maka kesibukannya adalah murah-murahan (perang harga), tidak ada yang bisa Anda dapatkan dari perang harga selain profit yang kecil (tentunya Anda juga membuang-buang resource jika bersaing dengan pemain besar). Produk yang harus Anda cari adalah produk yang unik dan diinginkan (want) orang, jangan menjual produk yang juga dijual oleh supermarket atau mall-mall di Indonesia. Carilah produk yang unik namun pasarnya cukup luas atau pasarnya kecil tapi dibutuhkan terus-menerus (ada repeat order).

Lalu bagaimana cara menjadi reseller? Cari di google para distributor/supplier dari produk tersebut, mulailah mencari “search something” tentang produk itu, dimana Anda bisa mencari penjualnya atau dimana Anda bisa membeli produk tersebut, dan pastikan supplier yang Anda temukan menerima reseller. Disini peran supplier sangatlah penting dan janganlah bergantung pada satu supplier karena jika mereka memainkan harga/kualitas maka Anda akan sangat kerepotan.

 

Ada 2 cara untuk mulai menjualkan produk supplier ini yaitu:

Reseller : Anda langsung membeli produk dari supplier untuk di stok dan Anda jual kembali.

Dropship : Anda tidak memegang stok, hanya membawa pesanan/order dan produk akan dikirim oleh supplier langsung dengan nama Anda.

Jika Anda tidak punya modal maka bisa mulai dengan dropship dengan catatan Anda hanya bisa melakukannya secara online (tidak bisa COD) dan harga yang Anda dapat biasanya lebih mahal ketimbang menyetok produk sebagai reseller, namun Anda tidak akan menanggung kerugian apapun jika produk tidak laku, dan tidak perlu repot mengurus pengiriman.

Jika Anda punya modal cukup, maka mulailah mengambil barang dari supplier (jangan stok terlalu banyak) dan mulailah menjual secara online dan offline (jalankan keduanya), disini Anda juga bisa melakukan COD dan keuntungan yang didapat dari penjualan lebih besar, namun ada resiko produk tersebut rusak/tidak laku selama disimpan (barang mati).

Tips : Mulailah dengan dropship untuk melihat produk mana yang laku, setelah itu baru mulai menyetok (reseller) produk yang laku tersebut. Dengan sistem dropship Anda bisa menjual produk sebanyak-banyaknya tanpa resiko apapun, artinya disini Anda melakukan market research dan menjual secara bersamaan (dan tanpa modal), dan kombinasikanlah reseller-dropship tersebut untuk memaksimalkan penjualan Anda, stok-lah produk-produk yang laku, dan dropship-kan produk-produk yang kurang laku, dengannya Anda bisa terus melakukan penjualan dan market research terus menerus (hampir semua toko melakukan ini).

 

2. Lakukanlah research secepat mungkin

Market ResearchBegitu Anda sudah menemukan supplier dan produk untuk dijual, segera lakukan research (secepat mungkin) dengan mulai menjual ke keluarga/teman Anda, pasang iklan di forum/marketplace, jual melalui social media, atau buat toko online/website, lakukan ini dengan cepat (bangun reputasi), gunakanlah nama/brand untuk toko Anda dan mulailah dari situ menjual satu demi satu (semua penjualan besar dimulai dari satu penjualan kecil) produk Anda, yang terpenting dari membangun reputasi ini adalah pelayanan Anda sebagai penjual (reputasi pertama adalah diri Anda), layani pembeli dengan ramah, sopan, cepat dan yang paling penting adalah “jujur”. Disini tujuan utama Anda adalah melakukan research sekaligus menjalankan bisnis dan tentunya tidak akan mudah saat Anda melakukan marketing, membangun reputasi, mengurus order, dan melakukan research produk semuanya secara bersamaan, oleh karena itu Anda harus melakukannya dengan cepat:

Segera cari supplier/produk untuk dijual (disarankan dropship terlebih dahulu lalu sedikit demi sedikit mulai stok barang yang laku)

Lakukan marketing secara offline dan online (saat dropship lakukan marketing “Full Online” begitu mulai menyetok mulailah marketing secara offline)

Bangun reputasi –> buat nama/brand/logo untuk bisnis Anda, bangun reputasi dengan “Pelayanan” dan harga yang kompetitif)

Lakukan research secepat mungkin –> begitu mulai menjual Anda dapat melihat respon pasar apakah memang produk Anda laku/tidak, lihat kompetitor Anda apakah mereka menjual dengan baik, jika persaingan mulai tidak sehat (ada persaingan harga atau promo yang sudah tidak masuk akal) segera tinggalkan produk tersebut dan cari produk lain (Ada jutaan produk yang bisa Anda jual didunia ini)

Evaluasi –> disini Anda akan paham dengan sendirinya produk apa yang harus Anda mainkan dan produk apa yang harus Anda tinggalkan.

 

Point penting dalam belajar bisnis

Banyak yang memutuskan untuk membuka usaha sendiri dengan alasan sama. Salah satu alasan paling klasik adalah lelah bekerja untuk orang lain. Alasan lainnya, ingin menjadi bos perusahaan sendiri. Sebelum memulai usaha, yang pasti Anda harus belajar bisnis dulu.

 

Belajar Bisnis dari Nol

Banyak yang berasumsi bahwa memulai bisnis dari nol sama saja dengan membuka usaha tanpa modal apa pun. Padahal, membuka usaha tidak hanya terkait dana atau kemampuan finansial. Untuk belajar bisnis dari nol, inilah empat (4) hal yang wajib Anda tanyakan pada diri sendiri:

 

belajar bisnis

Bisnis apa yang ingin Anda jalankan?

Mau mulai dari mana?

Berapakah kira-kira modal awal yang dibutuhkan?

Apakah Anda benar-benar menyukainya dan siap berkomitmen?

Mengapa keempat pertanyaan di atas sangat penting dalam mempelajari bisnis? Ini dia jawabannya:

 

Jika sudah menemukan jawaban nomor satu, otomatis Anda akan mencari tahu jawaban nomor dua dan tiga. Nah, untuk nomor empat, pastikan Anda benar-benar siap berkomitmen. Masalahnya, passion hanyalah pendukung awal. Saat cobaan menghadang di tengah jalan, apakah Anda masih akan menyukainya?

Sebelum asal tancap gas dalam berbisnis, tumbuhkan dulu keinginan kuat untuk belajar bisnis. Teori dan praktik sama-sama penting, jadi pastikan Anda tidak menyepelekan salah satu pun. Tanpa teori, Anda belum tentu tahu mau mulai dari mana. Tanpa praktik, semua teori bisnis hanya tinggal di dalam kepala.

Belajar bisnis juga tidak hanya sebentar. Selain itu, jangan harap setelahnya Anda akan langsung bisa dan menghasilkan uang banyak. Perjalanan masih panjang dan akan selalu penuh tantangan. Bisa jadi, Anda harus beberapa kali mengganti strategi sebelum akhirnya menemukan yang pas.

Belajar bisnis semakin menyenangkan bila Anda memang berminat dan melakukannya dengan urutan yang benar. Dengan bekal dan persiapan yang matang, bisnis Anda pun berpeluang maju dan berkembang

Kalau teman teman masih bingung untuk memulai dan belajar bisnis online, Tenang saja disini kami Tour_Travel_Revolution (TTR) juga salah satu agen travel, jadi kalian bisa bertanya tentang keagenan atau bahkan yang ingin bergabung dan kami menyediakan paket tour / travelling yang tentunya halal ke berbagai kota / Negara bahkan disini juga menyediakan paket untuk umroh lho.

Anda tidak perlu khawatir disini tuh aman tidak tipu tipu, fasilitas untuk keberangkatannya pun terjamin aman dan nyaman, dan ada juga diskon diskon yang bisa anda dapatkan. Jika anda berminat dan ingin info lebih lanjutnya lagi bisa langsung WA yang ada di bawah ini, dijamin.

WA+62 853-1569-9077 – Tour_Travel_TTR

Belum ada Komentar untuk Belajar Bisnis Sederhana Murah dan Mudah

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Belajar Bisnis Sederhana Murah dan Mudah

Usaha Rumahan

Usaha Rumahan Yang Tren dengan Untung Besar dan Halal

T 3 July 2019 F A ihsan ihsan

Usaha Rumahan Yang Patut Untuk di Coba Apakah Anda sedang mencari peluang usaha rumahan yang menjanjikan? Jika ya, maka Anda perlu membaca artikel ini sampai selesai agar memiliki gambaran tentang bisnis yang sesuai dengan Anda. Kini telah banyak ditemui beragam... Selengkapnya

Bisnis Online

Bisnis Online Yang Bisa Dikerjakan Dirumah

T 29 April 2019 F A ihsan ihsan

Bisnis Online Yang Bisa Menjanjikan di Tahun 2019 Tahun 2019 ini bekerja dari rumah sudah menjadi style kerja banyak orang. Sebagian orang lebih suka bisnis online dari pada harus bekerja di kantor. Banyak sekali faktor penyebabnya, mulai dari jam kerja... Selengkapnya

4 Alasan Bisnis Agen Travel Adalah Karier Terbaik

T 15 April 2019 F A Gilang Pramudia

Alasan Mengapa cocok untuk kamu   pasti kamu tahu profesi yang bisa membawa orang-orang keliling dunia gratis. Misalnya adalah pramugari, pilot atau pelaut. Lalu profesi apa yang benar-benar menjadikan jalan-jalan sebagai pekerjaan? Agen travel jawabannya. Lalu apa saja mengapa menjadi... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.

× Hubungi Kami