Beranda » Blog » Bisnis Sampingan Dari Travel Tanpa Modal

Bisnis Sampingan Dari Travel Tanpa Modal

T Diposting oleh pada 3 July 2019
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 21 kali

Mearaup Keuntungan Besar

Beberapa tahun belakangan ini, bisnis sampingan travel memiliki prospek yang menggiurkan. Menurut Global Business Travel Association, dari tahun 2013 hingga 2018, bisnis pariwisata dunia mengalami kenaikan mencapai 23%, dari 273.7 milyar USD hingga 341 milyar USD.

Di Indonesia sendiri, geliat bisnis sampingan travel sudah banyak terlihat. Mudahnya, coba amati halaman instagram, banyak pebisnis travel agen yang perang harga menawarkan paket perjalanan dengan harga murah dan kadang ada yang tak masuk akal.

Banyaknya orang yang tergiur dalam bisnis travel agen ini dipengaruhi beberapa hal. Tren traveling yang terus mengalami peningkatan dan keuntungan yang menggoda.

Bisnis Sampingan

Bisnis sampingan tanpa modal, memangnya ada? Untungnya besar lagi. Jangan-jangan cuma tipu-tipu kayak berita di tipi-tipi.

Iya, sih. Wajar muncul kecurigaan jika ada yang mengiming-imingi keuntungan bisnis besar dengan modal kecil, bahkan nol rupiah.

Tapi bisnis sampingan yang seperti itu benar adanya di bidang travel atau perjalanan. Mesti digarisbawahi, kita gak menjadi agen travel itu sendiri, melainkan sub-agen.

Sub-agen bisa dibilang sebagai pegawainya agen travel. Namun dia juga berdiri sendiri sebagai pengusaha karena gak upahnya bukan berupa gaji, melainkan komisi.

Sampai sini, mungkin timbul pertanyaan. Sub-agen kerjanya apa? Gimana cara menjadi sub-agen kok bisa tanpa modal? Yuk, kita bedah bareng-bareng.

Sub-agen Bisnis Travel

Untuk memahami apa itu sub-agen, kita mesti tahu dulu apa itu agen travel. Agen travel adalah perusahaan yang bergerak di bidang penjualan tiket perjalanan dan biasanya termasuk paket-paket wisata.

Meraup untung besar

Paket liburan yang sudah ditetapkan agen jangan diutak-atik. Kalau ngasih info salah ke pelanggan, bisa berabe (paket liburan/Travel Quaz)

Contoh agen travel yang sudah malang-melintang di dunia pertravelan adalah Panorama, Bayu Buana, Avia, dan Dwi Daya. Bisnis utama mereka adalah menjual tiket perjalanan, dari pesawat sampai kereta.

Membangun bisnis sampingan travel agen dengan modal minim membutuhkan relasi. Misalnya seperti wholesaler penjual tiket pesawat, tiket kereta api, atau pun hotel. Setelah memiliki relasi yang mumpuni, maka untuk terjun memasarkan paket perjalanan tentu bukan hal yang begitu sulit. Apalagi di era digital seperti sekarang ini, mempromosikan produk tak butuh banyak modal, hanya perlu kuota internet untuk share produk di instagram atau marketplace yang ada.

Selain skill marketing dan relasi, untuk menjadi seorang travel agent, harus benar-benar tahu kapan high dan low season tiket perjalanan di perjualbelikan. Dengan mengetahui timeline penjualan tiket perjalanan tersebut, pelaku travel agent bisa memperoleh keuntungan lebih.

Umumnya, orang datang ke agen travel agar mendapat harga lebih murah daripada beli langsung ke loket terkait. Soalnya, agen travel sering memberikan harga promo untuk menarik pelanggan.

Selain itu, orang-orang mau yang gampang saja. Kalau beli via agen travel, gak perlu repot antre atau melek malam-malam untuk rebutan tiket.

Nah, kerjaan sub-agen kurang-lebih sama dengan agen itu sendiri. Tapi, sub-agen bertindak sebagai individu. Istilahnya, pegawai freelance di agen travel terkait.

Mereka punya akses ke agen travel itu untuk menawarkan tiket dan paket perjalanan ke orang-orang. Caranya, cukup daftarkan diri ke agen travel yang memang membuka peluang usaha sub-agen.

Nantinya, pendaftar akan diseleksi dan jika lulus akan diberi akses ke sistem penjualan tiketnya. Dengan begitu, sub-agen bisa buka praktik sendiri tanpa harus jadi pegawai di kantor si agen travel.

Modal Nol

Beberapa agen travel menerapkan sistem deposit, yakni sub-agen harus menyetor sejumlah uang tertentu dulu sebelum diberi akses. Uang ini sekaligus jadi jaminan agar sub-agen gak main-main.

Jualan tiket sambil cari tiket murah buat sendiri, duh enaknya (Travel Agent/Distinct Occasions)

Nantinya, duit deposit bisa diambil jika kerja sama sudah putus. Namun lebih banyak yang gak mensyarakatkan deposit alias modalnya nol rupiah.

Bisnis Sampingan

Asal punya peralatan yang diperlukan, bisa langsung jadi sub-agen. Senjata utama sub-agen adalah laptop atau desktop dengan koneksi Internet. Laptop ini digunakan untuk mengecek harga tiket, ketersediannya, sekaligus memproses pembelian tiket. Untuk memahami cara kerja sub-agen, berikut ini ilustrasinya:

Harga tiket pesawat Garuda rute Jakarta-Bali Rp 500.000 di agen. Saat ada yang mau beli, kita cek harga itu di sistem agen lewat laptop.

Soalnya harga tiket bisa berubah-ubah tergantung ketersediaan. Jika ada tiket yang dimaksudkan, tinggal proses pembelian dan tiket bisa diberikan ke pembeli pada saat itu juga.

Setelah transaksi selesai, kita memperoleh komisi dari harga tiket tersebut. Umumnya komisinya 3-5 persen dari harga tiket. Misalnya 5 persen, berarti komisi yang didapat adalah 5 persen x Rp 500.000 = Rp 25.000

Lumayan, kan, cuma memproses pembelian tiket dapet Rp 25.000. Itu baru satu tiket perjalanan.

Komisi lebih besar bisa diperoleh saat kita bisa menjual paket wisata. Tahu sendiri dong, paket wisata pastinya lebih tinggi harganya ketimbang harga tiket perjalanan. Artinya, komisi yang didapatkan juga lebih besar.

Meski begitu, sub-agen gak hanya ongkang-ongkang kaki nunggu orang datang mau beli tiket. Mereka tetap harus berpromosi, bisa lewat brosur atau media sosial.

Untuk menekan biaya promosi, mending pakai media sosial. Bikin akun Facebook dan Twitter, lalu rajin-rajinlah berpromosi dari situ. Jalin hubungan yang baik agar bisnis sampingan ini lebih lancar.

Misalnya ada yang tanya harga tiket, langsung jawab. Jangan ditunda-tunda. Keburu lari ke agen lain mereka.

Hal yang juga penting diperhatikan adalah menjaga kepercayaan agen travel di atas kita. Gunakan akses yang diberikan dengan bertanggung jawab, bukan buat kepo isi sistemnya lalu malah jadi calo dengan menjual tiket di atas harga yang telah ditentukan.

Keuntungan jadi sub-agen ada satu lagi selain modalnya nol dan komisi: bisa beli tiket buat diri sendiri dengan harga lebih murah. Ya, agen travel gak melarang sub-agen beli tiket buat diri sendiri.

Bagi para pencinta jalan-jalan, terjun dalam dunia bisnis sampingan travel agen memberikan dua keuntungan sekaligus. Pertama, keuntungan bisnis secara material sebagai pelaku bisnis wisata. Kedua, memperoleh benefit karena bisa manfaatkan bisnis pribadi untuk jalan-jalan dengan harga lebih miring bahkan gratis.

Jika melihat kedua hal tersebut, bisa disimpulkan bahwa untuk menjadi travel agen dengan modal 0 rupiah bisa saja dilakukan, namun dengan upaya lebih keras. Namun, jika menginginkan bisnis sampingan travel agen dengan keuntungan yang cukup menggiurkan dan tanpa usaha yang besar, mendaftar sebagai agen travel di suatu marketplace bisa menjadi solusi.

Kalau teman teman masih bingung, Tenang saja disini kami Tour_Travel_Revolution (TTR) juga salah satu agen, jadi kalian bisa bertanya tentang keagenan atau bahkan yang ingin bergabung dan kami menyediakan paket tour / travelling yang tentunya halal ke berbagai kota / Negara bahkan disini juga menyediakan paket untuk umroh lho.

Anda tidak perlu khawatir disini tuh aman tidak tipu tipu, fasilitas untuk keberangkatannya pun terjamin aman dan nyaman, dan ada juga diskon diskon yang bisa anda dapatkan. Jika anda berminat dan ingin info lebih lanjutnya lagi bisa langsung WA yang ada di bawah ini, dijamin

WA+62 853-1569-9077 – Tour_Travel_TTR

Belum ada Komentar untuk Bisnis Sampingan Dari Travel Tanpa Modal

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Bisnis Sampingan Dari Travel Tanpa Modal

Meraup Untung Besar Dari Bisnis Tour Travel Tanpa Modal

T 15 April 2019 F A Ringgi Ringgi

Apa Bisnis Tanpa Modal  Di Era sekarang ini melakukan suatu perjalanan merupakan hal yang sudah biasa. Sehingga membuatbisnis travel menjadi suatu peluang yang sangat bagus. Tapi apakah bisnis travel tanpa modal itu beneran ada? Jawabannya iya ada, bahkan dengan berbisinis... Selengkapnya

bisnis travel

13 Cara Mudah Memulai Bisnis Travel

T 14 April 2019 F A @dmin

Bisnis travel (perjalanan) terutama wisata cukup menjanjikan dewasa ini. Semakin tinggi kesibukan seseorang, tujuan wisata menjadi hal yang dibutuhkan untuk melakukan penyegaran kembali (refreshing). Bahkan travelling sudah menjadi tren gaya hidup para millenial. Mungkin kita tidak mengira bahwa bisnis wisata ... Selengkapnya

Pengetahuan Ibadah Umroh

T 15 April 2019 F A Resha Resha

Pengetahuan mengenai haji dan umroh Setiap orang yang melakukan ibadah haji wajib melakukan umrah, yaitu perbuatan ibadah yang merupakan kesatuan dari ibadah haji. Pelaksanaan umrah ini didasarkan pada firman Allah SWT dalam surat Al-Baqarah: 196 yang artinya `Dan sempurnakanlah ibadah... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.

× Hubungi Kami