Beranda » Blog » Bisnis Travel Menguntungkan Di Tahun 2019

Bisnis Travel Menguntungkan Di Tahun 2019

T Diposting oleh pada 3 July 2019
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 17 kali

Bisnis Travel  Di Tahun 2019

Di zaman modern ini, traveling telah menjadi lifestyle bagi masyarakat metropolitan di Indonesia, baik bagi anak muda maupun orang tua.

Tujuan setiap orang saat melakukan traveling pun berbeda-beda, ada yang ingin pergi berlibur untuk meredakan stres, mencari pengalaman baru, belanja brand-brand mewah, hingga sekadar wisata kuliner.

Realita tersebut memicu bisnis travel agent semakin menjamur di Indonesia. Mereka semakin gencar menawarkan paket liburan dengan harga miring.

Bisnis Travel

Namun, sayangnya tidak semua orang bisa menangkap peluang ini, padahal seperti yang kita tahu, permintaan akan jasa tour and travel semakin meningkat.

Jika Anda menyukai dunia traveling, Anda bisa mempertimbangkan untuk memulai bisnis travel. Pasalnya, bisnis ini merupakan peluang usaha yang cukup menjanjikan. Terlebih lagi, usaha ini terbilang cukup mudah serta bisa dijalankan dengan modal kecil bahkan tanpa modal atau gratis!

Jika Anda masih ragu untuk memulai bisnis travel, yuk cari tahu alasan kenapa Anda tidak boleh menyia-nyiakan peluang bisnis ini!

Setidaknya ada beberapa dasar mengapa lo harus memulai bisnis travel dari sekarang di bahasan kali ini, kalau dari hobi bisa menguntungkan, apalagi yang lo cari, nih? Langsung aja simak bahasan kali ini!

 

Bisnis traveling semakin menggeliat karena mempunyai prospek yang bagus ke depannya. Benar begitu?

Sudah dari tahun 2016 sampai sekarang ada tren di mana banyak para anak muda mulai menyisihkan uangnya untuk traveling. Mereka mulai mengorbankan apapun untuk bisa jalan-jalan, eksplorasi keliling daerah-daerah atau destinasi yang belum pernah terjamah.

Buat mereka, bisa sampai ke destinasi-destinasi yang terpencil, serta bisa ikut mengabarkan berita gembira jika eksotisme sebuah spot petualangan berhasil dikuak adalah kesenangan dan kebanggaan tersendiri.

Nah, supaya bisa sampai seperti itu, setidaknya ada tren yang menjalar di kalangan anak muda. Tren tersebut adalah sedikit berbelanja atau menghabiskan uang begitu saja, dan simpan untuk mendapatkan pengalaman yang lebih banyak (Buy Less and Experience More!)

 

Bisnis Travel: Benarkah Menguntungkan? Bagaimana Prospeknya di Tahun 2019?

Tren ini dijelaskan oleh Scott Adams, Presiden dari Birchbark Media yang menyatakan kalau tren buy less and experience more terus berkembang di negara-negara maju dan berkembang, terutama di anak-anak muda serta generasi millennial yang tengah lapar akan soal jati diri.

Buat para anak muda atau generasi millennial, mereka percaya kalau penemuan jati diri, adalah berawal dari traveling, berpetualang ke spot-spot yang tidak terpikirkan oleh mereka sebelumnya, sampai akhirnya mereka menjamah destinasi petualangan tersebut.

Mereka yang seperti ini, tentu sangat menghargai proses. Karena dari setiap perjalanan yang mereka lakukan, mereka percaya itu adalah tempaan di mana tempaan tersebut akan memaksa mereka untuk mendapatkan jati diri yang sebenarnya.

Nah, Scott Adams, percaya jika setidaknya ada lima alasan dibalik tren tersebut. Lima alasan tersebut juga termasuk pemahaman-pemahaman para millennial yang diyakini. Pemahaman dan alasan tersebut seperti: Berani ambil resiko untuk terus berkembang, berani mengoleksi pengalaman, mencoba membuat ‘tekanan yang baik’, menguatkan hubungan, dan akhirnya menemukan jati diri.

Hal-hal tersebut, percaya atau tidak yang membuat para pegiat bisnis traveling sekarang meretas ke mana-mana.

Mengapa Percaya Dengan Bisnis Travel?

Himawan Pradipta, salah satu contributor dari Moka Blog, menjelaskan setidaknya ada lima alasan mengapa lo harus memulai bisnis travel berdasarkan tren yang tengah berkembang sekarang ini.

Bisnis Travel adalah bisnis sepanjang masa. Bisnis ini adalah salah satu usaha yang tidak lekang oleh waktu, engga akan basi bisnis ini. Tidak ada yang kenal waktu untuk sekedar relaksasi dan butuh jalan-jalan.

Hal ini tentu juga berdasarkan alasan kedua di mana bisnis travel mempunyai cakupan pasar yang luas, sangat luas. Siapapun, umur berapapun, baik yang muda atau yang tua – tentu butuh jalan-jalan. Dengan begitu, bisnis travel apapun bentuknya, pasti dibutuhkan.

Selain itu, bisnis travel tidak seperti bisnis-bisnis lainnya. Bisnis travel bisa dirintis dari mana saja, lho. Dengan berbagai kemajuan teknologi dan informasi, dari sebuah website saja, lo sudah bisa membuka bisnis travel. Kemudahan untuk akses internet benar-benar membuat semuanya terlihat mudah.

Bagaimana soal keuntungan? Tenang, bisnis travel selalu mempunyai sistem ‘bayar dimuka’ artinya – jika pahitnya ada yang menunda atau menggagalkan perjalanannya, setidaknya lo sudah mendapatkan ‘pembayaran dimuka’ tersebut.

Apa Saja Jenis dan Model Bisnis Travel?

Mungkin banyak orang berpikiran bahwa bisnis di bidang perjalanan hanya sebatas menjual paket wisata. Tapi sebenarnya ada banyak lho peluang usaha di bidang perjalanan.

Sembari menentukan jenis usaha, Anda juga perlu mempertimbangkan model bisnis travel yang Anda rasa cocok dengan budget serta preferensi Anda. Anda bisa memilih model multi level marketing (MLM), waralaba, atau bisnis perseorangan.

Nah, berikut ini adalah jenis-jenis usaha travel yang bisa Anda pilih:

#1 Ticketing

Usaha ticketing ini meliputi penjualan tiket pesawat, tiket bus, tiket kapal, tiket bus, hingga tiket kereta api.

Saat ini banyak agen travel yang membuka penawaran usaha waralaba agen tiket, mulai dari yang gratis hingga berbayar.

Untuk yang berbayar, Anda perlu mengeluarkan uang untuk biaya administrasi dan keanggotaan, dan Anda akan otomatis disambungkan dengan sistem reservasi tiket yang terhubung dengan maskapai penerbangan atau kereta api.

Tentu jika Anda membeli paket yang gratisan akan lebih terbatas dibanding paket berbayar memiliki keunggulan dari segi produk maupun support.

#2 Pemandu Wisata

Untuk menjalankan usaha ini, Anda perlu memiliki 4 modal dasar:

 

Tubuh dan Pikiran yang Sehat

Pekerjaan sebagai pemandu wisata menuntut jam kerja yang panjang dan stamina yang kuat, karena pemandu akan banyak berjalan serta mempresentasikan obyek-obyek wisata sepanjang perjalanan.

Untuk itu, modal utama sebagai pemandu wisata adalah kesehatan fisik dan mental. Hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan adalah dengan menjaga pola makan, rajin berolahraga, dan mencari hiburan yang sehat untuk menyegarkan pikiran.

 

Fasih Berbahasa Asing

Jika target customer Anda hanya wisatawan domestik, mungkin Anda tidak memerlukan modal ini. Namun, dalam memandu wisatawan asing, sudah menjadi syarat mutlak bagi seorang pemandu wisata untuk menguasai bahasa internasional.

 

Pengetahuan yang Luas dan Mendalam

Sebagai pemandu wisata, Anda harus memiliki pengetahuan yang luas dan mendalam tentang tempat-tempat wisata yang ada dalam itinerary.

Namun, tak cukup sampai di situ, Anda juga harus memiliki pengetahuan terkait masalah sosial budaya di daerah tersebut.

Pasalnya sebagai pemandu wisata, Anda bukanlah pemanis dalam perjalanan, tapi Anda juga perlu mengedukasi para wisatawan. Anda perlu memperkenalkan obyek wisata serta mempresentasikan sejarah tempat tersebut.

#3 Paket Wisata

Untuk menyediakan paket wisata, Anda perlu terlebih dahulu mengenal destinasinya. Anda bisa pilih daerah-daerah yang sudah familiar bagi Anda, misalnya tempat Anda berdomisili, atau kota yang sering Anda kunjungi.

Komponen utama dalam menyusun itinerary dalam paket wisata adalah sebagai berikut:

Memilih obyek wisata utama yang memiliki daya tarik tersendiri bagi calon pelanggan. Pilih obyek wisata yang populer dikalangan masyarakat dan yang memiliki fasilitas memadai (toilet, tempat ibadah, tempat parkir bus).

Pastikan lokasi peristirahatan pelanggan berada di tempat yang strategis dan nyaman. Selain itu, kita perlu menyesuaikan kelas hotel dengan jenis paket yang dibuat.

Bekerja sama dengan restoran atau katering tertentu yang memiliki kualitas makanan dan cita rasa kuliner yang lezat agar tidak mengecewakan pelanggan.

Penting untuk melakukan survei di destinasi wisata, agar Anda bisa memperhitungkan waktu yang diperlukan dari satu tempat ke tempat lain.

#4 Menjual Voucher Hotel

Voucher hotel merupakan salah satu usaha travel yang cukup mudah dilakukan.

Voucher hotel adalah kupon prabayar yang dapat ditukarkan ketika akan menginap di hotel tertentu. Sama seperti membeli tiket pesawat, biaya menginap di hotel juga dapat dihemat dengan cara melakukan reservasi dari jauh hari.

Ada dua pilihan metode untuk melakukan bisnis ini:

 

Menjadi Afiliasi dari Agen Travel Besar

Anda dapat menjalin kemitraan dengan berbagai perusahaan yang memang secara khusus melayani booking hotel. Keuntungannya, Anda tak perlu repot-repot mendatangi satu persatu hotel untuk menawarkan kontrak kerja sama.

Umumnya, metode ini gratis sehingga dapat menekan biaya yang Anda keluarkan untuk memulai usaha ini.

Prosesnya juga mudah, mulai dari pendaftaran, hingga proses pemesanan dan booking kamar hotel. Penerbitan voucher kamar juga biasanya dilakukan secara online lewat email maupun SMS kode booking.

 

Bekerja Sama Langsung Dengan Hotel Terkait

Tentu, keuntungannya akan lebih besar ketimbang metode pertama. Tapi, biasanya pihak hotel akan meminta dokumen legalitas usaha. Hotel bintang 3, 4, dan 5 umumnya meminta ijin pengelolaan agen travel resmi Anda.

Untuk itu, metode ini tepat bila Anda telah sukses melakukan metode pertama dan bisnis Anda sudah berkembang.

Selain itu, pilihan ini lebih cocok jika cakupan layanan Anda tidak begitu luas. Bisa dibayangkan, berapa lama waktu, tenaga, SDM, serta biaya yang dibutuhkan untuk menjalin kerja sama jika cakupan Anda seluruh daerah di Indonesia.

Sudah ada bayangan mau buka jenis bisnis travel yang seperti apa? Kalau sudah jelas tahu, langsung saja mulai!

Kalau teman teman masih bingung untuk memulai bisnis online, Tenang saja disini kami Tour_Travel_Revolution (TTR) juga salah satu agen, jadi kalian bisa bertanya tentang keagenan atau bahkan yang ingin bergabung dan kami menyediakan paket tour / travelling yang tentunya halal ke berbagai kota / Negara bahkan disini juga menyediakan paket untuk umroh lho.

Anda tidak perlu khawatir disini tuh aman tidak tipu tipu, fasilitas untuk keberangkatannya pun terjamin aman dan nyaman, dan ada juga diskon diskon yang bisa anda dapatkan. Jika anda berminat dan ingin info lebih lanjutnya lagi bisa langsung WA yang ada di bawah ini, dijamin.

WA+62 853-1569-9077 – Tour_Travel_TTR

 

Belum ada Komentar untuk Bisnis Travel Menguntungkan Di Tahun 2019

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Bisnis Travel Menguntungkan Di Tahun 2019

TTR-UNIVERSITY-BALI-085315699077

Workshop Tour Tavel Revolution University

T 12 March 2019 F A @dmin

Ikuti Workshop Tour Tavel Revolution University Minggu, 17 Maret 2019 Jam 09.00-17.00 Hotel Santika Kuta Jl Raya Kuta No 98 ,Denpasar,Bali   Materi : -Mahir Sistem (A-Z),Tiketing ,Tour, Umroh ,dll -Standar Pelayanan -Dream Book & Dream Sharing -Goal Setting Target... Selengkapnya

4 Tips Ingin Travelling Di Akhir Bulan atau Low Budget

T 15 April 2019 F A Onik Onik

Tips Berlibur dengan Uang Pas Pas an Travelling atau berlibur memang semua orang ingin menginginkannya, namun apa daya ketika kesibukan berkerja, kuliah, sekolah, dan kesibukan lainnya membuat kepala kita menjadi penat dan ingin berlibur. Apalagi diakhir bulan ini keuangan semakin... Selengkapnya

Bisnis Sampingan

Bisnis Sampingan Dari Travel Tanpa Modal

T 3 July 2019 F A ihsan ihsan

Mearaup Keuntungan Besar Beberapa tahun belakangan ini, bisnis sampingan travel memiliki prospek yang menggiurkan. Menurut Global Business Travel Association, dari tahun 2013 hingga 2018, bisnis pariwisata dunia mengalami kenaikan mencapai 23%, dari 273.7 milyar USD hingga 341 milyar USD. Di... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.

× Hubungi Kami